Pemeriksaan dan Perbaikan Kopling
A. Pengertian Kopling
Kopling adalah suatu elemen mesin yang menghubungkan poros penggerak dan poros yang digerakkan dengan putaran yang sama dalam meneruskan daya atau putaran, serta dapat melepaskan hubungan kedua poros tersebut baik dalam keadaan diam yaitu kopling tetap maupun dalam keadaan berputar yaitu kopling tidak tetap.
Kopling ini letaknya diantara mesin dan transmisi yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin dengan transmisi dan kopling ini bagian yang mutlak untuk setiap kendaraan bermotor, dimana penggerak utamanya diperoleh dari hasil-hasil pembakaran didalam silinder mesin.
B. Prinsip Kerja Kopling
Pada saat mesin hidup atau dalam keadaan berjalan, plat kopling terjepit pada roda penerus sehingga apabila roda penerus berputar plat kopling tersebut terbawa dalam putaran, kopling berputar dan putaran diteruskan keroda belakang.
Pada saat pedal kopling diinjak, cicin penahan tertarik kebelakang plat kopling itu bebas tidak terbawa oleh utaran roda penerus dan hubungan terputus, jika pedal kopling dilepas, maka cicin penekan kembali seperti semula menjepit plat kopling itu pada roda penerus kemudian plat kopling itu terbawa dalam putaran roda penerus dan hubungan tersambung. Adapun urutan pemindahan tenaga sebagi berikut:
· Pada saat kopling berhubungan
Pada saat pedal kopling tidak diinjak plat tertekan kearah roda penerus oleh plat penekan karena adanya tekanan dari coil spring. Apabila poros engkol berputar plat kopling berhubungan dengan alur alur input shaft, hal ini menyebabkan infut shaf berputar searah putaran kopling. Akibatnya tenaga mesin dipindahkan ke transmisi.
· Pada saat kopling tidak berhubungan
Ketika pedal kopling ditekan release bearing menekan tuas penekan kopling tekanan pressure lever berlawanan dengan tekanan dengan coil spring, hal ini menyebabkan pressure plate tertarik kearah luar sehingga kopling bebas dan tidak tejadi perubahan tenaga mesin ke input shaft
C. Pemeriksaan dan Perbaikan Kopling
1. Periksa keolengan roda penerus/fly wheel
Menggunakan dial indikator, ukur keolengan roda penerus. Keolengan maksimum : 0,1 mm.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar